Jumat, 21 Januari 2011

OLAHRAGA UNTUK MENCARI SEMANGAT MASYARAKAT DI DESA KLAMPAR

 

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Pemuda sebagi aset bangsa terbesar karena seoarang pemuda akan men jadi pemimpin dimasa yang akan datang, negra dimasa yang akan datang dipegang oleh pumada hari ini, maka dari itu pemuda harus dibekali ilmu pengetahuan yang mumpuni karena tanpa dibekali degan ilmu tidak akan mampu untuk membawa negara kedepan. Pemuda sebagai makhluk hidup yang semangatnya bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan keluarga dalam membentuk pribadi dan mengembangkan intelektualitas. Tapi pertumbuhan dari seorang pemuda sangat cepat sekali maka dari itu sagnat dibutuhkan darri seorang pemuda untuk merawat tubuhnya sebaik mungkin, karena tanpa dengan perawatan tubuh yang maksimal, tubuh dari seorang pemuda gampang terserang penyakit sehingga kalau seorang pemuda sudah penyakitan semangat untuk belajar sangat minimsekali, sehingga harapan bangsapun terhadap seorang pemuda sangat minim sekali untuk dijadikan seorang pemimpin.
Untuk mencari semangat pemuda dalam merawat tubuhnya maka diperlukan sesuatu yang diminati dari seorang pemuda dalam mencari semanagat yang berkembang sesuai dengan bertambahnya umur dan tingkatan kemampuan. Dalam menyalurkan minat dan bakat serta imajinasi yang sedang berkembang.
Maka dari beberapa uraian diatas sangat membutuhkan kesenangan dari seorang pemuda dalam merwat tubuhnya sehingga dari hal tersebut membutuh kan olah raga, karena dengan olah raga pemuda sangat menyenangkan untuk merawat tubuhnya, baik dari olah raga lari ataupun sepak bola, yang esensinyantetap memberikan semangat untuk merawat tubuhnya.
 Oleh sebab diatas kami peserta KKN merancang untuk terrealisasinya oalah raga bagi seorang pemuda untuk mewujudkan impian masa depan bangsa,  sehjngga tidak seperti sebelum-belumnya yang telah tidak bisa memaksimalkan kinerjanya maka diperlukan bagi seorang pemuda untuk belajar dalam olahraga  sehingga membutuhkan kursus dalam memaksimalkan berolah raga untuk menjaga kesehatan yang sempurna.


2. PERMASALAHAN
           
            Dari hal yang diatas tentunya membutuhkan beberapan hal yang kemudian kami menyimpulkan dari masalah yang terjadi sebagai berikut.
                       1. kurangmya semangat dari seorang pemuda dalam menjaga      kesehatannya
                 2. tidak ada motifasi dari orang tua atau lingkungan  untuk olah     raga
                        3. pemuda sering disibukkan dengan hal-hal lain yang menjauhkan dari kesehatan
                        4. tidak ada tempat untuk  belajar olah raga yang benar
                        5. pemuda sering mengaggap oleh raga tidak begitu penting
                        6. kurangnya fasilitas yang memadai untuk olah raga

3. TUJUAN, MANFAAT DAN DAMPAK
1.      Tujuan
Dengan diadakannya pembinaan dan pengembangan kegiatan olahraga sehingga nantinya akan membawa perubahan pada diri anak maupun remaja yang melaksanakan kegiatan olahraga nanti saya menghap terjadinya:
1.      Masyarakat, anak anak maupun remaja akan mengerti manfaat dan tujuan dari kegiatan olahraga tersebut.
2.      Membiasakan hidup sehat dengan berolahraga.
3.      akan menumbuhkembangkan sifat saling menghargai dan saling menjaga satu sama lainnya serta sifat sportifitas dalam kegiatan olahraga.
4.      Rasa saling memiliki sehingga akan terjadi kehidupan yang aman  tentram dan sejahtera.
2.     Manfaat
Ada beberapa manfaat yang bisa kita ambil dalam kegiatan olahraga yang dilakukan oleh pemuda diantaranya:

1.      memberi semangat untuk saling menghargai dan saling membantu antar sesama serta nilai-nilai sportifitas yang hal ini merupakan harapan orang banyak
2.      memberi relasi yang semakin kokoh diantara beberapa pemuda
3.      mempunyai tingkat kebugaran atau kesehatan jasmani dengan baik sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang timbul akibat sistem kerja tubuh  yang menurun.
4.      Akan merasakan manfaat dari kegiatan olahraga yang dilakukan oleh anak anak maupun remaja bahwa mereka mempunyai minat dan bakat dalam olahraga serta akan meningkatkan potensi dari diri anak tersebut sehingga akan membawa nam baik wilayah tempat tinggal mereka karena telah memberikan prestasi yang baik.
3.      Dampak
kami melakukan serta mengajak anak anak maupun remaja serta masyarakat untuk selalu melakukan kegiatan olahraga. Kegiatan olahraga tidak hanya dapat dilakukan dilapangan, kegiatan olahraga dapat dilakukan dimana saja serta waktu yang digunakan tidak harus lama sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi yang melaksanakan kegiatan olahraga tersebut.
Agar supaya tertanam solidaritas dan sifat sportifitas yang tinggi   maka kami akan berinisiatif untuk mengadakan pertandingan cabang olahraga yang disukai olah anak anak dan remaja di Desa Pangoraian Kecamatan Proppo yang melibatkan seluruh elemen masyarakat karena  di anggap mempunyai dampak yang positif.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    RENCANA KEGIATAN
program kegiatan ini adalah dilakukakan ketiap-tiap lembaga dengan mengadakan seminar olah raga, yang dilakukan oleh kami atau peserta KKN yang melakukan kerjasama dengan universitas islam madura (UIM) pamekasan jurusan penjaskes dan sekolah tinggi yang ada dibidang olah raga, untuk memahami olah raga yang benar dan bisa membuahkan hasil dan dilatjutkan dengan praktek dilapangan agar semakin paham yang dibimbing oleh peserta KKN.
Maka dari uraian diatas kami peserta KKN mempunyai inisiatip untuk mendatangkan pemateri yang bisa menguraikan dengan detail tentang olah raga, yang kami ambil dari sekolah tinggi yang dibidang penjaskes dan dari universitas islam madura (UIM) pamekasan jurusan penjaskes.

B.     BENTUK KEGIATAN
Kegiatan ini akan dibuka dengan  serangkaian Studium Generale, yang
menghadirkan lebih banyak orang yaitu sekitar 100 orang (disesuaikan dengan kontek setempat ) dan dipandu oleh seorang moderator. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan kegiatan dalam bentuk praktek Diharapkan semua peserta dapat tinggal bersama-sama, sehingga memiliki waktu yang cukup untuk berinteraksi, saling mengenal satu dengan yang lain. Setiap proses akan
dipandu oleh seorang fasilitator. Jumlah fasilitator tiga orang yang akan bekerja secara bergantian.
Dan yang untuk seminar akan dilakukan satu kali dalam satuhari dan didatangi oleh satu materi dan dipandu oleh satu moderator, dan dalam kegiatan bentuk kelas akan kawal oleh panitia atau peserta KKN yang tujuannya untuk lebih memantapkan materi yang akan diberikan oleh panitia.





C. TAHAPAN KEGIATAN

Kegiatan ini ada beberapa tahapan yaitu sebagai berikut
1.            melakukan hubungan dengan pihak lembaga yang ada didesa klampar untuk dijadikan sasaran dalam kegiatan ini.
2.            berhubungan dengan masyarakat untuk diberi semangat atau motifasi dengan terselengaranya kegiatn ini.
3.            melakukan opserfasi ketiap rumah agar anaknya bisa direstui untuk mengikuti kegiatan yang kami buat.



BAB III

PENUTUP

Denagan adanya kegiatan ini kami sangat berharap atas semua pihak yang terkait perealisasiannya kegiatan yang kami rencanakan untuk berpartisipasi semaksimal mungkin dan yang kami sangat mengaharapkan juga kontribusinya baik tenaga dan pemikiran dan yang berkenaan dengan financial untuk suksesnya acara yang kami rencanakan, karena acara yang kami rencanakan  sangat sangat urgen sekali sekali untuk dipahami oleh pemuda klampar
Semoga apa yang telah disumbangkan baik tenaga atau pemikiran atau fianansial dan lain sebaginya semoga oleh allah diberi balasan yang lebih dari apa yang telah disumbangkan kepada kami atau panitia yang telah diberi kepercayaan oleh semua piahak.

RENCANA ANGGARAN PENDANAAN

1.      Dana awal yang bersal dari kas Desa
2.      Pembuatan dan Penggandaan Proposal
3.      Biaya Transportasi
4.      Biaya Tutor/Pemateri @ Rp. 150.000/Orang x 4
5.      Sarana Administrasi
6.      Konsumsi Peserta dan Pemateri
TOTAL BIAYA
Rp.    350.000,00
Rp.      75.000,00
Rp.    225.000,00
Rp.    600.000,00
Rp. 1.250.000,00
Rp.    450.000
Rp.  2,950.000,00
Terbilang
(Dua Juta Sembelan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda, kita sharing bersama ......!!! Sertakan Web, Blog, Facebook Atau Jejaring lainnya......!!!! Thaks Before .......

Template by : dinQari it-punya.blogspot.com