REKANAN

Jumat, 21 Januari 2011

PEMBINAAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DESA KLAMPAR PAMEKASAN


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Di era globalisasi seperti sekarang ini bahasa Arab sangatlah penting dan sangatlah butuh untuk dipelajari oleh siapapun, apalagi di Desa yang tertinggal seperti di Klampar ini yang sudah jauh tertinggal dalam hal pendidikan apalagi dalam bidang Bahasa Arab karena Bahasa Arab merupakan Bahasa Internasional dinegara ini khususnya dipelosok desa tertinggal yang sama sekali tidak tahu tentang bahasa Arab.
Setelah kita lihat realita yang terjadi di lapangan yaitu di Desa Klampar maka perlu sekali adanya bimbingan/pembinaan dalam berbahasa Arab bagi peserta didik untuk mengembangkan bakatnya dalam berbahasa Arab supaya nantinya diharapkan peserta didik tersebut bisa berkomonikasi menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar sehingga nantinya setelah faham betul akan bahasa tersebut maka dengan mudah mereka bisa menerjemahkan Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai dasar sumber hukum islam. Itulah pentingnya diadakan kursus bahasa Arab karena berkembangnya zaman yang semakin pesat menuntut kita untuk serba cepat dalam segala aktifitas terutama dalam berbahasa Arab, bahasa Arab sangat penting dalam kehidupan kita. Kita sebagai penerus bangsa dituntut untuk bisa berbahasa Arab karena kalau kita sudah menguasai bahasa kedua maka kita akan lebih mudah untuk pergi kemana-mana apalagi pergi naik haji.

B.     PERMASALAHAN
1.      Tidak adanya tempat kursus yang layak
2.      Merupakan tuntutan bagi generasi muda dalam pendidikan
3.      siswa merasa kebingungan dalam menangkap pelajaran selama jam pelajaran berlangsung karena mereka memang pada umumnya tidak tahu bahasa Arab sama sekali.

C.    TUJUAN, MANFAAT DAN DAMPAK
c.1.  Tujuan
Dengan diadakannya kursus bahasa Arab bertujuan sbb:
a.       Peserta didik akan tahu pentingnya bahasa Arab untuk masa depan mereka.
b.      Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berbahasa Arab.
c.       Sebagai acuan/praktek sehingga nantinya peserta didik bisa menggunakan bahasa Arab dengan baik serta bisa berkomonikasi langsung dengan orang arab dengan bahasa yang benar dan fasih.
c.2.  Manfaat
Manfaat diadakannya kursus bahasa Arab salah satu diantaranya adalah:
a.       Peserta didik bisa berbahasa Arab dengan baik dan menggunakan mufradat yang tepat.
b.      Peserta didik bisa mengembangkan bakatnya dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
c.       Siswa mampu meningkatkan keterampilan berbahasa Arab.
d.      Peserta didik meningkatkan motivasi dan semangat untuk mempelajari bahasa Arab.
c.3.  Dampak
Program kursus bahasa Arab ini memiliki dampak positif yang nantinya peserta didik bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Arab dengan baik serta mampu bersaing dengan siswa/peserta didik yang lain atau dengan siswa yang berdomisili di Desa yang sudah maju.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    RENCANA KEGIATAN
Di Desa yang tertinggal yaitu di Desa Klampar maka rencana kegiatan itu harus dilaksanakan/dijalankan sebaik-baiknya mengingat akan pentingnya bahasa Arab dinegara ini khususnya diperkotaan atau bahkan dipelosok desa sekalipun seperti halnya tempat KKN UIM 2010 yang sedang kami tempati sekarang ini. Kalau melihat realita masyarakat di Desa Klampar yang sudah jauh tertinggal dalam hal pendidikan apalagi dalam bidang bahasa yaitu bahasa Arab maka perlu sekali adanya rencana kegiatan untuk mengembangkan serta meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berbahasa Arab.

B.     BENTUK KEGIATAN
Adapun bentuk kegiatan dalam program kegiatan ini antara lain:
1.      Menjelaskan tatanan bahasa Arab sesuai dengan mufradat.
2.      Muhadatsah.
Siswa diminta untuk bercakap-cakap (Muhadatsah) utamanya bisa benar dalam beribadah.
C.    TAHAPAN KEGIATAN
c.1.  Tahap awal kegiatan
a.       Perkenalan (Ta’aruf)
b.      Pengenalan Kosa Kata (Muhadatsah)
c.2.  Tahap Inti
a.       Menjelaskan susunan serta kedudukan sebuah kalimat dalam bahasa Arab
b.      Berbicara menggunakan bahasa Arab yang baik
c.       Menyusun kalimat sesuai dengan mufradat yang baik dan benar.
c.3.  Tahap akhir
a.       Mengerjakan soal guna mengetahui kemampuan peserta didik
b.      Guru menyimpulkan penjelasan yang sudah disampaikan pada peserta didi


BAB III
PENUTUP
Dengan diadakannya pelatihan bahasa Arab atau kursus peserta didik dituntut untuk bisa menggunakan bahasa Arab yang baik dan fasih supaya nantinya para peserta didik mampu bersaing dengan siswa yang berdomisili didesa yang sudah maju yang sudah lebih dulu tahu akan bahasa Arab tersebut dan juga generasi muda mampu berkomonikasi dengan orang Arab menggunakan mufradat yang benar. Itulah pentingnya bahasa Arab dalam pendidikan apalagi sekarang sudah zaman yang paling akhir.
Demikianlah proposal ini kami buat untuk memenuhi tugas kami secara individu yang menjadi bagian dari persyaratan peserta KKN 2010.

TAKSASI DANA
1.      Papan tulis putih @ Rp.  110.000 X 2 Buah
2.      Buku Panduan Guru @ Rp. 20.000 X 2 Orang
3.      Alat Tulis Spidol Bord marker @ Rp. 4.500 X 4 Buah
4.      Honor Tutur @ Rp. 20.000/1 Pertemuan X 2 Orang
5.      Buku Bacaan Buat Pelajar @ Rp. 5.000/buah x 40 Orang
Total Biaya
Rp. 220.000,00
Rp.   40.000,00
Rp.   18.000,00
Rp. 160.000,00

Rp. 200.000,00
Rp. 638.000,00
Terbilang
(Enam Ratus Tiga Puluh Delapan Ribu Rupiah)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda, kita sharing bersama ......!!! Sertakan Web, Blog, Facebook Atau Jejaring lainnya......!!!! Thaks Before .......

Template by : dinQari it-punya.blogspot.com