REKANAN

Kamis, 20 Januari 2011

Tujuan Pendidikan Nasional

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
·         Tujuan Pendidikan Nasional
Pendidikan merupakan pilar tegaknya bangsa; Melalui pendidikanlah bangsa akan tegak mampu menjaga martabat. Dalam UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, disebutkan "Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
·         Fungsi Pendidikan Umum
Dalam undang-undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003 Bab II Pasa13 dikatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Menyimak pasal 3 diatas bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, menggambarkan bahwa yang harus dikembangkan dalam diri peserta didik adalah potensi-potensi yang dimilikinya, bukan berarti menjejali dengan ilmu pengetahuan semata tanpa mempertimbangkan potensi­potensinya dalam hidup dan penghidupan selaku manusia yang mempunyai keinginan, nafsu, akal dan naluri kemanusiannya. Selanjutnya dikatakan disitu "dan membentuk watak", hal ini mengandung arti bahwa pendidikan yang dilakukan dapat membentuk watak, sikap, karakter individu yang berada pada lingkungan masyarakatnya, yang cenderung bersifat positif dan tidak bertentangan tatanan tabiat, watak, karakter manusia ainny
Di era globalisasi ini, indonesia akan menghadapi berbagai tantangan seperti persaingan ketat dalam dunia pendidikan. Untuk itu, pendidikan harus diorientasikan sesuia dengan kondisi dan tuntutan zaman, agar output pendidikan di indonesia sebelumnya masih belum sempurna dan penyelenggaraan pendidikan selama ini sangat minim di bandingkan dengan negara – negara lain.
Salah satu metode yang efektif dan relevan adalah penggunaan metode demontrasi, dimana metode demontrasi ini menambah aktivitas belajar, siswa dituntut kegiatan perasaan, membangkitkan minat dan aktifitas belajar siswa serta memberikan pemahaman yang tepat dan jelas.
Sedang guru mempersiapkan dan menentukan materi yang akan di demontrasikan, melalui metode demontrasi guru memperlihatkan suatu peristiwa atau cara kerja suatu alat yang sekedar memberi pengobatan yang sudah diterima begitu saja oleh peserta didik, dan dapat menambah aktivitas dan kreatifitas pada peserta didik.
Dari paparan yang dijelaskan diatas penelitian mengangkat sebuah masalah yang dituangkan sebuah judul “penggunaan metode pembelajaran demonstrasi ” untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran biologis kelas VI di MTs Nurus Salam Palengaan Pamekasan.
Penggunaan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Nurus Salam Palengaan Pamekasan
RUMUSAN MASALAH
-          Bagaimana Penggunaan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Nurus Salam Palengaan Pamekasan
TUJUAN PENELITIAN
-          Untuk meningkatkan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII MTs Nurus Salam Palengaan melalui penerapan strategi pembelajaran demonstrasi.
HIPOTESIS TINDAKAN
-          Jika pembelajaran merupakan strategi pembelajaran demonstrasi maka prestasi belajar biologi siswa kelas VIII MTs Nurus Salam Palengaan akan meningkat.
MAMFAAT PENELITIAN
v  Siswa
-          Dengan penelitian ini siswa diharapkan untuk dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar
-          Meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran biologi
-          Menambah / mendorong siswa untuk berfikir dan mengapresiasikan pendapatnya secara bebas sehingga proses PBM di dalam kelas dapat berjalan efektif
v  Guru
-          Dengan hasil penelitian ini, guru / pendidik diharapkan untuk mempermudah keefektifan PBM dalam pembelajaran di kelas
-          Dapat membantu guru untuk mendata aktif di dalam kelas.
v  Lembaga
-          Sebagai perkembangan untuk mengambil kebijakan dalam usaha meningkatkan proses belajar siswa.
RUANG LIGKUP PENELITIAN
1.      Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII MTs Nurus Salam Palengaan pada pokok pembahasan perkembang biakan makhluk hidup
2.      Minat belajar yang diamati adalah ke ikut sertaan dalam diskusi
3.      Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah strategi
DEFINISI ISTILAH
-          Stratergi pembelajaran demonstrasi adalah merupakan metode mengajar yang sangat efektif dalam menolong siswa mencari jawaban atas pertanyaan seperti bagaimana cara membuatnya.
-          Minat belajar adalah kecendrungan jiwa yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktifitas atau (Slameto :1995), seseorang yang berminat terhadap suatu aktifitas dan memperhatikan itu secara konsisten dengan rasa senang.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda, kita sharing bersama ......!!! Sertakan Web, Blog, Facebook Atau Jejaring lainnya......!!!! Thaks Before .......

Template by : dinQari it-punya.blogspot.com