Jumat, 21 Januari 2011

PEMBELAJARAN BACA AL–QUR'AN DENGAN METODE TADARUS DI DESA KLAMPAR KEC.PROPPO KAB. PAMEKASAN


BAB I
PENDAHULUAN

Puji syukur ke hadirat Allah s.w.t  yang telah melimpahkan rahmat taufiq serta hidayahnya sehingga kita masih tetap dalam balutan Iman dan taqwa , Sholawat dan salam senantiasa tercurah limpahkan pada sang reformer dunia yaitu kanjeng rosul Mohammad SAW yang telah menuntun kita menuju dunia pendiikan dan tegnologi yang berdasar pada syariat islam .

Dan semoga dengan pembuatan proposal kegiatan yang kami rencanakan dari peserta KKN Universitas  islam madura (UIM) pamekasan semoga dirido’I oleh allah SWT, karena proposal yang kami buat hanyalah untuk menyempurnakan ibadah orang banyak. Dan semoga ibadah yang dikerjakan diterima disisinya. Amin yarobbal alamin
A.    Latar Belakang
Anak – anak adalah subjek yang sangat mudah menerima pengetahuan dalam proses belajarnya karena otak anak masih belum diisi oleh masalah – masalah yang besar. Masa usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Dimana perkembangan yang diperoleh pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya hingga masa dewasa.
Saat ini fenomena yang terjadi pada masyarakat di sekitar kita, terutama di rumah-rumah keluarga muslim semakin sepi dari bacaan ayat-ayat suci Al Qur'an. Hal ini disebabkan karena terdesak dengan munculnya berbagai produk sain dan tehnologi serta derasnya arus budaya asing yang semakin menggeser minat untuk belajar membaca Al Qur'an sehingga banyak anggota keluarga tidak bisa membaca Al Qur'an. Akhirnya kebiasaan membaca Al Qur'an ini sudah mulai langka. Yang ada adalah suara-suara radio, TV, Tape recorder, karaoke, dan lain-lain.
Keadaan seperti ini adalah keadaan yang sangat memprihatinkan. Belum lagi masalah akhlak, akidah dan pelaksanaan ibadahnya, yang semakin hari semakin jauh dari tuntunan Rasululloh _ . Maka sangat diperlukan kerjasama dari semua Pihak untuk mengatasinya. Yaitu mengembalikan kebiasaan membaca Al Qur'an di rumah-rumah kaum muslimin dan membekali kaum muslimin dengan nilai-nilai Islam, sehingga bisa hidup secara Islami demi kebahagiaan dunia dan akhirat.
Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini yang disertai dengan makin berkembangnya teknik belajar baca tulis Al – Qur'an akan sangat membantu dalam mengatasi permasalah tersebut.
Pelatihan membaca AL – Quran dengan Metode Tilawati kami adakan agar anak - anak yang menjadi objek Program ini dapat dengan mudah membaca Al – Quran dengan mudah dan baik.

B.     Permasalahan
Dari latar belakang diatas dapat diambil kesimpulan suatu permasalahn yaitu:
1.      Proses pendidikan berpengaruh pada perkembangan proses belajar anak.
2.      Banyaknya kesalahan dalam mahrijul huruf dan tajwid
3.      Banyak bermunculan produk – produk sain dan teknologi serta derasnya arus budaya asing yang semakin menggeser minat untuk belajar membaca Al Qur'an.

C.    Tujuan, Manfaat dan Dampak
a.      Tujuan
Tujuan dari program ini adalah menciptakan generasi yang islami yang nantinya diharapkan bisa megabadikan kepada agama yang hanya satu satunya diakui oleh Allah Swt. Selain dari pada itu kita mengharapkan pada 10 bahkan 1000 tahun nanti agama Islam yang kita cintai ini abadi hingga akhir dunia ini
b.      Manfaat
Sudah dapat dipastikan bahwa manfaat dari apa yang kami programkan  ini akan memberikan manfaat didunia lebih-lebih di akhirat , karena sudah menjadi realita,kalau manusia tanpa iman maka laksana orang mabuk yang habis minum-minuman keras, sedangkan iman tidak akan didapat  tanpa adanya ilmu terlebih utama ilmu agama.
c.       Dampak
Menurut penulis dampak dari pada apa yang penulis programkan ini ada dua macam dampak 1. dampak positif. Nilai – nilai islam yang selama ini sudah terkikis oleh budaya-budaya yang sangat kontrofersial dengan budaya kita setidaknya ada sedikit perhitungan mengenai konsekwensi kalau budaya-budaya tersebut merajalela diwilayah  yang tidak sesuai dengan budaya setempat.



BAB II
PEMBAHASAN

  1. Rencana Kegiatan
Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari selama pelaksanan KKN yang sasarannya adalah anak – anak usia 6 – 10 tahun. Sehingga proses belajar mengajarnyapun menjadi mudah dan dapat segera terselesaikan

  1. Bentuk kegiatan
Kegiatan ini akan dilaksanakan seperti proses belajar mengajar di sekolah pada umumnya, namun pesertanya akan di uji terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan anak dalam membaca Al-Quran sehingga kita dapat mengelompokkan sesuai kemampuannya, sehingga mengajarnya menjadi lebih mudah.

  1. Tahapan Kegiatan
·         Pertemuan Pertama
1.      Anak – anak tersebut akan di uji cara membaca Al – Qur'an dan akan di bentuk kelompok tadarus.
2.      Memulai proses belajar mengajar.
·         Pertemuan kedua sampai Pertemuan ke Sembilan
Mengulang pelajaran yang sebelumnya dan melanjutkan pelajaranya.
·         Pertemuan Kesepuluh sampai Pertemuan Kesebelas
Mengadakan evaluasi belajar dan memperbaikinya.


BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dari uraian diatas dapat disimpulkan yaitu:
a.       Anak – anak sebagai objek dari kegiatan ini akan lebih bagus lagi bacaan Al – Qur'annya.
b.      Anak – anak akan membudayakan mengaji di tempatnya masing – masing.
c.       Anak anak akan menangkal budaya luar dengan lebih baik.
B.     SARAN SARAN
Dari kegiatan ini kami menyarankan agar:
a.       Kegiatan ini dapat dilanjutkan oleh masyarakat setempat.
b.      Kepedulian kita terhadap anak harus lebih ditingkatkan apalagi terhadap moral dan pendidikan agamanya.




Lampiran i
Rencana Kebutuhan Dana Pada Kegiatan
Pelatihan Membaca Al – Qur'an Dengan Metode Tilawati

1. Papan Tulis                                                                          Rp     60.000,-
2. 6 buah Spidol bordmarker @ Rp 5.000                             Rp     30.000,-
3. Penghapus                                                                           Rp       5.000,-
4. Foto copy panduan membaca Al- Qur'an dg
    Teknik Tilawati                                                                   Rp    20.000,-
JUMLAH                                                                               Rp   115.000,-

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda, kita sharing bersama ......!!! Sertakan Web, Blog, Facebook Atau Jejaring lainnya......!!!! Thaks Before .......

Template by : dinQari it-punya.blogspot.com