Jumat, 21 Januari 2011

STUDI AGAMA DENGAN MASYARAKAT KLAMPAR



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 
Beberapa tahun terakhir ini, minat untuk mengenal dan memahami agama-agama di luar agama yang dianutnya mengalami perkembangan  signifikan.  Hal ini terlihat antara lain dengan munculnya berbagai kelompok, komunitas atau forum antar-umat beragama atau beriman di berbagai daerah. Ruang keterbukaan ini perlu dijaga dan dikembangkan agar makin luas akses bagi masyarakat untuk menerima informasi tentang berbagai dimensi kehidupan termasuk dalam soal kemajemukan agama agar setiap lapisan masyarakat mampu berpartisipasi dalam mengelola kehidupan bersama yang adil dan bermartabat.

Saat ini kemajemukan agama di Indonesia, menghadapi persoalan baik di tingkat internal agama maupun persoalan relasi  antar umat beragama. Kemajemukan agama dengan berbagai alirannya masing-masing,  di satu pihak merupakan kekayaan spiritualitas yang mendorong kepada kehidupan bersama yang baik, tetapi dalam beberapa kasus, yang terjadi kadang sebaliknya, yaitu ketika terjadi ketegangan akibat ‘perebutan’ anggota atau perebutan panggung eksistensial untuk tujuan-tujuan ekonomis maupun politis dari tiap-tiap kelompok.
Sebagai contoh, dalam perbincangan khalayak ramai, muncul istilah-istilah yang  berdasarkan pada tafsir atas suatu kejadian atau bahkan hanya atas dasar suatu prasangka  yang ditebarkan untuk suatu agenda politis  tertentu. Istilah yang biasanya digunakan  untuk menyebut keadaan ini adalah Kristenisasi atau sebaliknya, Islamisasi. Istilah-istilah  semacam ini seolah-olah menandai adanya ketegangan, bahkan konflik laten antar  kelompok sebagai akibat dari tidak produktifnya komunikasi antar kelompok keagaman  ketika mengadapi masalah dalam kehidupan bermasyarakat.
Berpijak dari kerangka berpikir dan situasi seperti ini, peserta KKN akan bekerjasama denagan lembagaga-lembaga  dan masyarakat yang ada di dese kalampar  bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) pamekasan dan universitas islam madura merancang program/ kegiatan Studi Agama dan Masyarakat dengan tema “Misi dan Dakwah dalam Konteks Masyarakat Plural”. 

B. PERMASALAHAN
Dengan adanya berbagai agama atau keimanan diindonesia yang dianggap meresahkan oleh sebagian masyarakat maka sangat dibutuhkan untuk mengkaji kembali terhadap agama karena yang menjadi masalah diantaranya.
  1. Bagaimana cara hidup rukun dalam masyarakat plural?
  2. Bagaimana cara menghargai trehadap keimanan orang lain?
  3. Bagimana cara untuk mengukuhkan keimanan kita?
  4. Bagaimana cara kita untuk tidak terbawa terhadap keimanan orang lain?

C. TUJUAN, MANFAAT DAN DAMPAK
1. Tujuan
1)      Mengenal, memahami dengan lebih baik tentang agama islam
2)      Membuka ruang transformasi pengetahuan, pemahaman dan kesadaran
masyarakat terhadap perspektif teologi yang lebih inklusif, pluralis dan humanis.
3)      Mendorong masyarakat untuk lebih terbuka dan menghargai realitas pluralitas
baik aliran dalam agama masing-masing serta keragaman agama yang ada
dalam konteks setempat
4)      Membuka ruang untuk meminimalisir kesalahpahaman-kesalahpahaman,
stereotype tentang perbedaan dalam masing-masing agama dan perbedaan-
perbedaan antar agama.
5)      Media belajar bersama untuk dapat mengembangkan wawasan yang
berperspektif baru yang lebih aktual, relevan dan memiliki implikasi positif-konstruktif tentang etika hidup bersama dalam kepelbagaian.

2. Manfaat
Program ini mempunyai manfaat untuk dijadikan langkah awal dari sebuah proses belajar bersama yang panjang dengan masyarakat setempat untuk kehidupan bersama yang saling menghormati dan menghargai perbedaan. 



3. Dampak
masyarakat semakin menghargai etika  hidup bersama dalam kepelbagaian dan
lebih terbuka kepada nilai-nilai kehidupan agama-agama dalam konteks masyarakat plural. Semakin terasa kehidupan bersama dalam berbagai macam-macam keyakinan, dan semakin tumbuh  rasa nasionalisme, untuk terus berjuang dalam menegakkan  kebenaran dan keadilan yang terus menghantui masyarakat.
BAB II
PROGRAM
A. RENCANA KEGIATAN
program kegiatan ini adalah dilakukakan ketiap-tiap lembaga dengan mengadakan seminar keagamaan, yang dilakukan oleh kami atau peserta KKN yang melakukan kerjasama dengan universitas islam madura (UIM) pamekasan dan sekolah tinggi agama islam negri (STAIN) pamekasan, untuk memahami misi dan dakwah agama agar bisa hidup rukun miskipun beda-beda keyakinan, dan semakin terasa nasionalisme yang berada dibawah naungan pancasila.
Maka dari uraian diatas kami peserta KKN mempunyai inisiatip untuk mendatangkan pemateri yang bisa menguraikan dengan detail misi dan dakwah agama, yang kami ambil dari sekolah tinggi agama islam negri (STAIN) pamekasan dan dari universitas islam madura (UIM) pamekasan.

B. BENTUK KEGIATAN
            Kegiatan ini akan dibuka dengan  serangkaian Studium Generale, yang
menghadirkan lebih banyak orang yaitu sekitar 100 orang (disesuaikan dengan konteks setempat ) dan dipandu oleh seorang moderator. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan kegiatan dalam bentuk “Kelas“ atau  tinggal  bersama (live in) selama 3 (tiga) hari.
Diharapkan semua peserta dapat tinggal bersama-sama, sehingga memiliki waktu yang cukup untuk berinteraksi, saling mengenal satu dengan yang lain. Setiap proses akan dipandu oleh seorang fasilitator. Jumlah fasilitator tiga orang yang akan bekerja secara bergantian.
Dan yang untuk seminar akan dilakukan satu kali dalam satuhari dan didatangi oleh satu materi dan dipandu oleh satu moderator, dan dalam kegiatan bentuk kelas akan kawal oleh panitia atau peserta KKN yang tujuannya untuk lebih memantapkan materi yang akan diberikan oleh panitia.



C. TAHAPAN KEGIATAN
Kegiatan ini ada beberapa tahapan yaitu sebagai berikut
1.            melakukan hubungan dengan pihak lembaga yang ada didesa klampar untuk dijadikan sasaran dalam kegiatan ini.
2.            berhubungan dengan masyarakat untuk diberi semangat atau motifasi dengan terselengaranya kegiatn ini.
3.            melakukan opserfasi ketiap rumah agar anaknya bisa direstui untuk mengikuti kegiatan yang kami buat.


BAB III
   PENUTUP


Denagan adanya kegiatan ini kami sangat berharap atas semua pihak yang terkait perealisasiannya kegiatan yang kami rencanakan untuk berpartisipasi semaksimal mungkin dan yang kami sangat mengaharapkan juga kontribusinya baik tenaga dan pemikiran dan yang berkenaan dengan financial untuk suksesnya acara yang kami rencanakan, karena acara yang kami rencanakan  sangat sangat urgen sekali sekali untuk dipahami masyarakat plural umumnya dan hususnya masyarakat klampar yang masih kurang dalam memahami misi dan dakwah agama.
Semoga apa yang telah disumbangkan baik tenaga atau pemikiran atau fianansial dan lain sebaginya semoga oleh allah diberi balasan yang lebih dari apa yang telah disumbangkan kepada kami atau panitia yang telah diberi kepercayaan oleh semua piahak.





LAMPIRAN

RENCANA ANGGARAN PENDANAAN


1. pembuatan surat                                          : 75.000
2. Untuk pumateri                                           : 600.000
3. Air Mineral                                                  : 200.000
4. Snak dan Makanan                                     :1.500.000
5. Sond                                                            : 300.000
6. Makalah                                                      : 150.000
7. Penggandaan proposal                                : 125.000
Lain-lain                                                          : 250.000

Total                                                                = 3.200.000
TERBILANG                                                : Tigajuta Duaratus Ribu Rupiah

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda, kita sharing bersama ......!!! Sertakan Web, Blog, Facebook Atau Jejaring lainnya......!!!! Thaks Before .......

Template by : dinQari it-punya.blogspot.com