BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Sekolah adalah salah satu tempat terjadinya proses pembelajaran. Dan dalam proses pembelajaran itu pasti melibatkan dua komponen pokok yaitu guru dan murid. Guru tentunya bertugas menyampaikan materi pembelajaran membimbing dan mengarahkan siswa ke arah yang lebih baik. Sedangkan murid bertugas mendengarkan mencatat dan mengikuti arahan dan bimbing guru.
Dalam proses pembelajaran, tentu ada tujuan yang ingin dicapai, diantaranya adalah ingin menciptakan siswa (Generasi) yang berprestasi dan berkualitas, khususnya dalam bidang pendidikan.
Dan untuk mencapai tujuan diatas, ada upaya yang bisa dilakukan. pertama, guru harus bisa memotivasi siswa agar siswa senang dan giat mengikuti mata pelajaran. upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa itu antara lain bisa dilakukan dengan memilih metode yang pas dan menarik bagi siswa dan menyediakan sarana dan media pembelajaran yang lengkap. Dengan begitu, siswa bisa senang dalam mengikuti proses pembelajaran. Dan hanya guru yang profesional yang bisa menciptakan hal di atas. Guru profesional adalah guru yang memiliki dan menguasai empat kompetensi dassar keguruan yang diantaranya adalah
Ø Kompetensi pedagogis
Ø Kompetensi pribadi (personal),dan lain-lain.
Jika siswa sudah senang dalam mengikuti proses pembelajran, otomatis mata pelajaran yang diajarkan oleh guru cepat dan mudah masuk atau diterima oleh siswa. Dan otomatis prestasi siswa bisa meningkat.
B. PERMASALAHAN
Dalam proposal ini, titik permasalahannya hanya terbatas pada peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran agama islam di
SDN klampar II tahun pelajaran 2010/2011. Peningkatan itu mencakup:
1. Pemilihan metode, model dan media pembelajaran yang pas, menarik, lengkap dan sesuai dengan pokok bahasan yang diajarkan.
2. Pelaksanaan praktek sesuai pokok pembahasan materi agama yang akan di ajarkan (dibahas).
C. TUJUAN, MAMFAAT DAN DAMPAK
1. Tujuan
a. Agar siswa (peserta didik) giat dan senang belajar
b. Agar siswa (peserta didik) cepat tanggap tentang materi agama yang dsijelaskan oleh guru.
2. Manfaat
a. Siswa bisa lebih giat belajar
b. Siswa bisa lebih cinta terhadap mata pembelajaran agama islam di sekolah
c. Siswa bisa mempraktekkan materi yang dijelaskan guru dengan baik dan benar.
3. Dampak
Program ini mempunyai dampak positif, baik bagi peneliti (Mahasiswa) itu sendiri, bagi guru dan juga siswa.
a. Bagi Mahasiswa
Dengan program ini mahasiswa bisa mamperluas wawasan, pengetahuan, dan pengalamannya.
b. Bagi Guru
Guru bisa mengembangkan potensi yang dimiliki dan bisa lebih akrab dengan siswa
c. Bagi Siswa
Siswa bisa lebih cepat menangkap penjelasan guru dan bisa menerapkan/mempraktekkannya dalam sehari - hari.
BAB II
PROGRAM
A. RENCANA KEGIATAN
Program yang dikemas dalam peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa ini akan melibatkan semua siswa di SDN Klampar II yang berasal dari beberapa dusun yang terdapat di Desa klampar.
Program ini mestinya akan dilaksanakan oleh seluruh Mahasiswa
(Peserta KKN) khususnya oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam seminggu sekali sebagian mahasiswa berembuk dengan guru Agama di SDN Klampar II tentang metode yang pas untuk digunakan dan diajarkan pada murid.
B. BENTUK KEGIATAN
Adapun bentuk kegiatan dalam program ini adalah :
1. guru atau digantikan mahasiswa (peserta KKN) menjelaskan materi pelajaran agama dengan menggunakan metode, model dan media yang pas.
2. Siswa menyimak penjelasan guru/mahasiswa dan mengikuti apa yang ditentukan oleh guru/mahasiswa dan mengikuti apa yang ditentukan oleh guru/mahasiswa.
3. Memperpraktekkan materi yang dipelajari (jika perlu).
C. TAHAPAN KEGIATAN
Dalam program ini, tahapan kegiatan dibagi menjadi tiga tahapan meliputi :
1. Tahapan Awal Kegiatan ( Tahap Pengenalan )
Ø Apersepsi
Ø Penyampain tujuan pembelajaran yang ingin dicapai ( Standar Kompetensi Dan kompetensi Dasar)
2. Tahapan Inti Kegiatan ( Tahap Penguasaan Materi )
Ø Menyampaikan materi yang akan di ajarkan
Ø Menjelaskan pokok bahasan
Ø Guru mulai merangsang siswa untuk lebih giat belajar
Ø Praktek dan atau tanya jawab yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang di ajarkan.
3. Tahap Akhir Kegiatan
Ø Guru memberi kesimpulan tentang materi yang telah di ajarkan
Ø Guru memberi tugas untuk dikerjakan dirumahnya massing-masing.
BAB III
PENUTUP
Dengan diadakannya program ini, peserta didik di harapkan agar lebih giat / termotivasi untuk belajar dan dapat meningkatkan prestasi belajarnya sehingga nantinya akan melahirkan generasi yang diterima dan bertaqwa kepada Allah SWT.
Demikianlah Proposal ini kami buat untuk memenuhi tugas individu sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Madura (UIM) Tahun 2010.
0 komentar:
Posting Komentar