Jumat, 21 Januari 2011

PEMBENTUKAN POKMAS DI DESA KLAMPAR


BAB I
PENDAHULUAN


Alhamdulillah sebagai lambang puji sukur terhadap Allah SWT sebagai tuhan yang telah memberikan kesehatan bagi ciptaannya karena kesehatan merupakan hal yang sangat urgen sekali bagi kita. Dengan kesehatan kita bisa melakukan sesuatu yang di inginkan oleh kita, maka dari itu pantas bagi kita untuk bersyukur karena kita telah bisa untuk merealisasikan rutinitas yang telah direncanakan. Salawat dan salam semoga teteap terhaturkan kepada revolusioner yang telah membangkitkan semangat ummatnya untuk hidup yang sebenar-benarnya yakni Nabi Besar Muhammad SAW.


A. LATAR BELAKANG
      Kelompok adalah merupakan sebuah wadah untuk kita bisa berkumpul, belajar, saling berbagi dan terutama tempat untuk kita bermusyawarah demi sebuah perkembangan dan cita-cita yang diinginkan bersama. Dalam sebuah kehidupan bermasyarakat, sangat penting adanya sebuah kelompok, mengingat banyaknya aspirasi-aspirasi bijak yang datang dari berbagai kalangan (tua dan muda-mudi) yang kesemuanya itu adalah untuk kemaslahan bersama.
      Dari permasalahan diatas, maka kami anggap sangatlah penting untuk adanya sebuah Kelompok Masyarakat (POKMAS) untuk sekiranya bisa mengumpulkan berbagai kalangan, agar supaya bisa menyatukan pendapat demi kelangsungan hidup bersama (Kesejahteraan), terutama dikalangan desa yang dalam hal ini adalah desa Klampar  Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan.

B. PERMASALAHAN
      Pembentukan sebuah Kelompok Masyarakat (POKMAS) memanglah tidak gampang, mengingat kurangnya kesadaran masyarakat tentang apa itu POKMAS dan apa fungsinya serta apa yang akan mereka dapat setelah POKMAS itu dibentuk?

C. TUJUAN, MANFAAT DAN DAMPAK
TUJUAN
      Tujuan dari pembentukan Kelompok Masyarakat (POKMAS) dimaksud, adalah untuk sekiranya dapat mengumpulkan masyarakat dari berbagai kalangan dalam sebuah wadah agar dapat menyatukan pendapat-pendapat yang selama ini terpendam tanpa danya sebuah pang-aplikasian.

MANFAAT DAN DAMPAK
·         Terbentuknya sebuah wadah untuk menampung pendapat.
·         Tempat peng-aplikasian sebuah  rancangan kegiatan, serta-
·         Tempat yang tepat untuk sekiranya cepat mendapatkan solusi dari sebuah rancangan sebuah program.



BAB II
PEMBAHASAN
A. RENCANA KEGIATAN
      Rencana kegiatan ini kami rencanakan kepada semua lapisan masyarakat di desa klampar Kec. Proppo  Kab. Pamekasan, baik pada kalangan tua, muda dan mudi. Pembentukan sebuah wadah masyarakat (POKMAS) ini diharapkan agar masyarakat klampar dapat menyatu dalam sebuah kelompok untuk sama-sama memikirkan tentang kemaslahatan dan kesejahteraan bersama khususnya desa Klampar itu sendiri.

B. BENTUK KEGIATAN
ü  Penyuluhan tentang POKMAS.
ü  Pembentukan POKMAS

C. TAHAP KEGIATAN
ü  Penyuluhan tentang POKMAS
Pada program tahap kegiatan penyuluhan ini, terlebih dahulu kami akan mengumpulkan semua kalangan masyarakat untuk berkumpul dalam sebuah tempat agar supaya mendapatkan sebuah pandangan / pembelajaran tentang berbagai hal yang perlu diadakan, dikerjakan dan di-aplikasikan serta yang paling utama adalah agar supaya masyarakat klampar pada khususnya mendapatkan pengetahuan serta pembimbingan mengenai Kolompok Masyarakat (POKMAS) itu sendiri.

ü  Pembentukan POKMAS
Tahap kedua pada kegiatan ini adalah pembentukan POKMAS, yang dalam hal ini kami bersama panitia yang ada akan segera malaksanakan pembentukan struktur dari POKMAS itu sendiri, yang nantinya akan didapat sebuah susunan formalitas (Struktur) sesuia dengan kemampuan person peserta penyuluhan.




BAB III
PENUTUP
            Kegiatan penyuluhan serta pembentukan Kelompok Masyarakat (POKMAS) ini dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat lebih tahu bagaiman dan apa fungsi serta apa manfaat dari sebuah kelompok masyarakat, lebih-lebih untuk memahami akan pentingnya sebuah kelompok demi tercapainya sebuah cita-cita dan tujuan bersama.

                                                                                   
                                                                                    Pamekasan, 16 Juli 2010
                                                                                    Perencana Program



                                                                                    BUDIARI





LAMPIRAN

RENCANA TAKSASI ANGGARAN :

·         Pembuatan Undanga & Dekorasi             : Rp. 150.000,-
·         Transportasi dan Honor Nara sumber       : Rp. 250.000,-
·         Konsumsi :
Air Mineral 5 Dus  @. Rp. 12.500,-         : Rp.   62.500,-
Snakc (Roti) 80 bungkus @. Rp. 1000     : Rp.   80.000,-
·         Transportasi Pengidaran Undangan Dll    : Rp. 200.000,-
·         Penyewaan proyektor dan secrein                        : Rp. 150.000,-
 

GRAND TOTAL                                                : Rp. 892.500,-




















STRUKTUR PELAKSANA

Ketua                          : Budiari
Sekretaris                    : Lukman
Bendahara                   : Ali Shinwani
            Korlap             : Ahmad Tamam                      
            Humas             : Mansur
                                      Siti Sulbatun
            Peralatan         : Bunarto
                                      Arini

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda, kita sharing bersama ......!!! Sertakan Web, Blog, Facebook Atau Jejaring lainnya......!!!! Thaks Before .......

Template by : dinQari it-punya.blogspot.com