BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Batik merupakan salah satu budaya asli kita warga Indonesia. Batik adalah sebuah kearifan lokal yang saat ini mulai mendapat tempat di hati seluruh masyarakat, mulai dari tingkat bawah hingga tingkat elit. Semuanya menjadikan batik sebagai bagian dari hidup mereka. Di sekolah-sekolah formal sekarang pun sudah menjadi kewajiban terhadap siswa-siswanya dan guru-guru mereka sendiri untuk mengenakan pakaian yang kaya akan variasi tersebut. Batik sudah betul-betul memasyarakat di seluruh warga khususnya di daerah yang berbasis batik.....
Banyak kita temui batik-batik yang ditawarkan oleh para pengusaha. Dengan berbagai motif dan khas daerah asal, pembuat batik tersebut memasarkan pakaian tersebut dengan kwalitas dan kelebihan masing-masing. Ada banyak kelebihan yang menjadikan para pengusaha batik terus eksis melakukan profesi ini. Harga yang terjangkau dan kwalitas yang bagus menjadi salah satu keunggulan batik dibandingknan dengan batik yang lainnya.
Desa Klampar merupakan salah satu daerah yang mayoritas warganya adalah pengusaha batik. Batik bagi warga desa ini merupakan budaya turun temurun yang begitu perlu untuk dilestarikan. Selain untuk sesuatu yang bersifat profit oriented, pengusaha batik di desa ini juga memiliki niat tulus untuk mempertahankan budaya-budaya lokal Negara Indonesia dan Pamekasan khususnya.
Namun, dalam proses jual-beli batik masih menggunakan cara tradisional. Marketing yang dipakai dalam proses ini masih sama seperti penjualan barang-barang lain pada umumnya. Padahal, batik pada saat ini sudah menjadi konsumsi orang luar madura hingga luar negeri.
Sudah saatnya kita lebih inovatif dalam menyikapi keberadaan batik yang sejauh ini sudah mendapat tempat di seluruh manusia termasuk Negara tetangga kita. Penjulalan batik melalui internet adalah salah satu cara untuk memasarkan batik khas Klampar ke berbagai daerah disegala penjuru di dunia.
B. PERMASALAHAN
Dari latar belakang diatas dapat penulis rumuskan berbagai macam permasalahan, diantaranya:
a) Bagaimana cara agar dapat mengoptimalkan penjualan batik ke berbagai tempat di penjuru dunia melalui fasilitas internet ?
b) Bagaimana menjadikan batik sebagai produk ber ’profit oriented’ melalui penjualan berbasis internet ?
c) Bagaimana bisa menjadikan batik sebagai alat mempromosikan budaya lokal Indonesia khususnya pamekasan melalui pemasaran online?
C. TUJUAN, MANFAAT DAN DAMPAK
a) Tujuan
- Tujuan mendasar dari di gagasnya program ini adalah agar supaya batik tetap eksis dalam kancah ’local culture’ dan ’regional culture’. Batik tidak hanya menjadi konsumsi daerah saja. Batik tidak hanya berkutat di daerah pedesaan saja. Melainkan, batik harus menyeluruh di berbagai elemen masyarakat, baik dalam maupun luar negeri.
- Kedua, membantu masyarakat daerah klampar untuk lebih berpikir inovatif. Dengan adanya jual-beli batik via internet diharapkan akan menjadikan masyarakat lebih berpikir kedepan, lebih berpikir untuk lebih maju.
b) Manfaat
ü Membantu pengusaha batik dalam pemasaran yang dalam hal ini dilakukan secara online internet
ü Memberikan jawaban dan solusi dari permasalahan bahwa batik hanya di konsumsi masyarakat daerah saja
ü Masyarakat dapat mengetahui akan pentingnya pemasaran batik yang dilakukan via internet
c) Dampak
Ø Batik akan lebih menyeluruh terhadap elemen masyarakat diberbagai penjuru dunia
Ø Pengusaha akan lebih gampang dalam melakukan pemasaran batik lokal yang ada di daerah klampar
Ø Dimungkinkan batik akan mengalami penurunan di pasar baik dari segi harga dan ketertarikan konsumen dikarenakan batik sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat.
BAB II
PROGRAM
A. RENCANA KEGIATAN
Perencanaan yang dilakukan dalam perealisasian program ini meliputi:
Ø Observsasi ke para pengusaha batik. Dilakukan survei mengenai kwalitas, bahan dan lain-lain mengenai seluk –beluk batik
Ø Melakukan koordinasi dengan orang-orang terkait di desa, misalnya kepala dusun, kepala desa dan tokoh-tokoh masyarakat mengenai batik dan perjalanan pasar selama ini
Ø Memulai melakukan langkah selanjutnya meliputi mengumpulkan macam-macam batik, motif dan bahan-bahan yang biasanya di pakai oleh pengusaha batik di daerah Klampar
Ø Mempersiapkan jaringan internet untuk fasilitas pemasaran dan upload barang
B. BENTUK KEGIATAN
Kegiatan ini merupakan program jangka panjang dengan menitik beratkan pada kemampuan kita pribadi dalam berkarya. Lebih singkatnya program ini kami beri nama penjualan batik via internet. Batik akan lebih mendapat perhatian di hati para peminatnya jika para pengusahanya juga melakukan perluasan ke berbagai daerah tentunya dengan ke-inovatif-annya.
Kegiatan ini lebih menekankan pada kinerja pribadi kita dalam mencari celah peluang bisnis. Kegiatan penjualan yang dilakukan adalah dengan meng- upload segala hal mengenai batik. Baik dari segi profil usaha, macam-macam, motif, kwalitas dan gambar secara detail dari batik itu sendiri
Penjualan yang dilakukan dalam program ini dilakukan dengan mengandalkan jaringan kita dengan internet, relasi kita dengan orang luar harus bagus dan kemampuan kita dalam men-desain-website/ webblog tempat kita jual beli juga harus sangat di perhatikan.
Transasksi pengiriman barang dan uang pun kita lakukan dengan via internet dengan berbagai fitur yang sekarang sudah banyak di pakai oleh para pengusaha lainnya semisal TIKI, PayPal dan Western Union
C. TAHAPAN KEGIATAN
Ada beberapa tahapan yang dilakukan kami dalam rancangan program penjualan batik online ini meliputi:
ü Survei contoh batik khas desa klampar dengan disertai data lengkap mengenai nama kain, bahan, kwalitas dan harga
ü Dilakukan pengambilan gambar (pemotretan) terhadap kain-kain yang ada disertai desain yang bagus dan latar yang sesuai pula agar hasil yang didapat dari pemotretan maksimal dan berkelas dimata masyarakat
ü Untuk permulaan kita cukup membuat web yang tanpa bayar (free) seperti webblog ataupun wordpress untuk tempat kita melakukan upload gambar dan data-data mengenai produk. Web yang di buat pun harus menunjukkan identitas batik khas klampar
ü Setelah data kita dapatkan data mengenai batik baik dari gambar maupun motif dan harga serta Web selesai kita buat, maka yang selanjutnya kita lakukan adalah melakukan posting dan upload data serta gambar mengenai batik khas klampar sendiri.
ü Harus ada kejelasan dalam segala hal seperti Customer Care, Contact Person yang dapat dihubungi apabila ada hal-hal yang kurang jelas dibenak pembeli. Cara pengiriman dan transaksi uangpun harus kita jelaskan.
BAB III
PENUTUP
Batik yang menjadi kearifan lokal di daerah Klampar dan menjadi budaya asli indonesia sudah saatnya kita jaga dan lanjutkan dengan inovasi yang selalu di depan. Batik sudah saatnya menjadi konsumsi seluruh masyarakat negeri dan luar negeri. Melalui intenet lah cara yang efektif melakukan hal ini. Internet yang saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat semua kalangan memang cocok untuk publikasi dan promosi batik khas Klampar ini.
Mudah-mudahan berbagai kalangan mendukung terhadap program ini demi kebaikan kita bersama. Demi mempertahankan kearifan lokal dan budaya kita. Terakhir, harapan dari penulis saran, kritik dan bimbingan yang bersifat konstruktif sangat kami harapkan guna perbaikan pada pembuatan selanjutnya.
LAMPIRAN
RANCANGAN ANGGARAN BIAYA
PENJUALAN BATIK ONLINE
1. Sewa kamera digital 1 minggu 2. Berlangganan Speedy 1 bulan 3. Administrasi 4. lain-lain GRAND TOTAL | Rp. 175.000,00 Rp. 300.000,00 Rp. 30.000,00 Rp. 25.000,00 Rp. 530.000,00 |
Terbilang
(LIMA RATUS TIGA PULUH RIBU RUPIAH)
Penulis
Muh. Qari’ Ayatullah
1 komentar:
salut dech untuk pengembangan dan pelestarian batik yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia,,
moga sukses,,
Posting Komentar